Kelinci

Senin, 01 Desember 2014

Jenis jenis makanan minuman yang tinggi kolesterol

PDF Print E-mail



Adakah teman/ kerabat / famili di sekitar anda yang menderita kolesterol tinggi ? kolesterol tinggi dapat menyebabkan rusaknya organ tubuh, menyumbat lubang pembuluh darah dan menyebabkan berbagai penyakit lanjutan seperti darah tinggi, stroke, pecah pembuluh darah ,dan lain lain.
Berikut adalah contoh beberapa jenis makanan tinggi kolesterol. Untuk yang sudah menderita kolesterol tinggi sebaiknya menjauhi makanan makanan ini. Sementara untuk yang belum menderita kolesterol tinggi, ada baiknya membatasi jumlah makanan dan minuman berikut agar tidak berlebihan.
ß Snack pabrikan yang mengandung lemak trans seperti keripik kentang, biskuit, crackers, cookies.
ß Telur (ayam, bebek, puyuh).  kuning telur Yang paling banyak  mengandung kolesterol terutama adalah bagian kuning telurnya. Kuning telur dapat mengandung kolesterol diatas 180, pada telur ukuran rata rata.
ß Daging terutama bagian kulit , hati  dan ginjal, iga sapi,daging sapi berlemak, burung dara, gajih sapi, gajih kambing dan daging yang diproses seperti sosis, kornet, ham.  hati/ liver
ß Susu terutama susu sapi dan hasil olahan susu seperti keju, whipped cream, es krim. Lemak  dalam es krim lebih tinggi dari hamburger dan donat. 1 cangkir es krim dapat berisi 98 mg kolesterol. Pilihlah es krim yang terbuat dari susu rendah lemak.   susu , telur, keju
ß Kue kering, kue tart, nastar, roti . Pembuatan kue kue jenis ini menggunakan margarin, mentega , telur dan susu. Tentunya  mereka menyebabkan kolesterol tinggi. Bila anda ingin makan kue, cobalah kue kue basah khas Indonesia. Banyak yang tidak menggunakan telur, sebagian malah tidak menggunakan margarine dan susu.   kue kue kering dan roti


ß Fast food seperti hamburger, gorengan.
hamburger dan gorengan
ß Seafood yang tinggi kolesterol LDL-nya adalah cumi cumi, lobster, udang, kepiting dan kerang. 1 ekor kepiting sedang bisa mengandung 96 mg kolesterol, udang dan kerang kira kira mengandung 160 mg kolesterol.
udang
cumi cumi kepiting kerang


ß Lemak jenuh dan lemak trans : terdapat pada margarin, minyak kelapa/ minyak sayur. Anda bisa mengganti dengan minyak canola, minyak zaitun/ olive.
ß Belut kira kira  mengandung kolesterol 185 mg. belut
ß Minuman beralkohol, bir, tuak, minuman yang dibuat menggunakan ragi.
Kolesterol tinggi dalam tubuh umumnya tidak ada gejala apa apa. Satu satunya cara mengetahui kadar kolesterol anda adalah dengan mengecek di laboratorium. Belum tentu orang yang penampakannya biasa biasa saja,bahkan cenderung kurus memiliki kadar kolesterol yang normal. Satu satunya cara mengetahuinya adalah dengan melakukan cek kolesterol darah.

Tanyakanlah  pada dokter anda , atau sarana kesehatan apakah melayani pemeriksaan kolesterol.  Anda harus berpuasa sekitar 9- 12 jam sebelumnya  dan tidak minum teh, kopi dan minuman lain apapun selain air putih.
cek darah
AddThis Social Bookmark Button
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar