Kelinci

Senin, 01 Desember 2014

Sehat dengan jus sayuran dan mix juice

Sehat dengan jus sayuran2Sayuran merupakan sumber makanan yang diklaim sehat. Kandungan antioksidan, mineral, dan vitamin didalamnya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan menangkal radikal bebas. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi lima takar sayur perhari untuk menjadikan tubuh anda semakin sehat.

Akan tetapi, memenuhi asupan inilah bukan hal yang mudah, khususnya bagi anda yang tidak gemar sayuran. Namun, anda bisa mengakalinya dengan mengonsumsi jus sayur. Jus membantu anda memenuhi asupan tanpa harus mengigit sayur dalam jumlah besar.
Berikut beberapa jus sayur yang bisa menjadi pilihan anda untuk kesehatan anda.
  • Brokoli
Sayuran ini padat nutrisi, kaya beta karoten dan serat. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan vitamin B1 dan C, sejumlah kalsium, sulfur dan kalium. Yang lebih mengejutkan lagi, 45 persen kalori dalam brokoli adalah protein. The National Cancer Insitute menemukan bahwa kandungan inderol-3 dalam brokoli mengurangi risiko kanker payudara. Anda bisa mengonsumsi brokoli dalam bentuk jus. Untuk menambah rasa, cobalah memadukan jus wortel atau apel.
  • Kol
Proses memasak bisa merusak sebagian besar kandungan nutrisi didalamnya. Selain itu, proses memasak juga akan menyebabkan munculnya gas dari sulfur. Karena itu, ada baiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah. Anda bisa mendapatkan beta karoten, sulfur, vitamin C dan selenium. Mineral ini sangat bagus untuk melawan kanker, melindungi dari penyakit jantung, memperbaiki kondisi radang sendi, memperlambat proses penuaan, mempercantik kulit dan meningkatkan potensi laki-laki.
Kol mengandung asam amino glutamine yang berfungsi membantu pemulihan gangguan lambung termasuk mag. Jika mengonsumsi kol dalam bentuk jus, pastikan meminum habis dalam waktu 60 detik. Lebih dari 60 detik asam amino tersebut akan mulai rusak. Selain itu, anda bisa mencampur dengan jus wortel atau seledri untuk mencegah atau mengurangi gas dari kol.
  • Seledri
Sayuran yang satu ini kaya akan magnesium, besi dan klorofil yang bagus untuk pembentukan darah. Seledri merupakan salah satu makanan yang paling kaya sodium organik. Komponen ini sangat cocok untuk anda yang melakukan olahraga intensitas berat Karena membantu mempertahankan cairan dan elektrolit tubuh. Jus seledri merupakan tonik yang sangat bagus untuk saraf. Untuk menghilangkan rasa pahit, ada baiknya dicampur dengan jus wortel atau apel. Disamping itu, jus seledri juga bagus mengatasi sakit kepala. Jus seledri juga berfungsi membersihkan karbondioksida dari tubuh dan mendinginkan tubuh. Yang lebih menarik lagi, jus seledri juga dinyatakan bisa menekan kerajingan gula.
  • Ketimun
Ketimun merupakan pendingin tubuh alami. Suhu didalam ketimun 20derajat lebih rendah dibandingkan suhu diluar saat hari panas. Saat memilih ketimun menjadi untuk jus, pastikan memilih ketimun yang tidak berlapis lilin. Dengan begitu, anda bisa turut menggunakan kulitnya. Tapi, pastikan mencuci bersih semua sayuran sebelum jus. Jus ketimun dinyatakan mengandung 40 persen kalium, 10 persen sodium, 7 persen kalsium, 20 persen fosfor, dan 7 persen choline. Pilihlah ketimun yang berwarna hijau gelap dengan kulit yang bebas kerutan. Ketimun bisa disimpan dikulkas hingga enam hari.
  • Bawang putih
Bawang putih dapat berfungsi mengurangi tekanan darah, membantu mengatasi pengentalan darah, menurunkan kadar kolesterol jahat LDL, meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan pasien serangan jantung. Allicin, sumber aroma khas bawang putih, berfungsi menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur. Disamping itu, bawang putih meningkatkan aliran enzim-enzim pencernaan dan mendorong proses detoksifikasi melalui kulit. Untuk mencegah bau berlebih, anda cukup mengonsumsi sari dari satu suing bawang putih perhari. Untuk menambah rasa, anda bisa mencampurnya dengan jus lain.

JUS APEL MERAH

Jus apel merah bermanfaat untuk menurunkan resiko terserang kanker, anti diabetes dan memperbaiki sistem pencernaan.
Bahan – bahan untuk membuat jus :1413818_apple_crate_3
  • Apel merah 1 buah
  • Labu kuning 100 gram
  • Air jeruk manis 1 sdm
  • Susu formula 150 ml
Cara Membuat :
  1. Kupas apel dan buang biji.
  2. Parut apel halus kemudian campurkan dengan air jeruk manis, sisihkan.
  3. Haluskan labu kuning yang telah direbus. Kemudian campurkan dengan apel parut. Cairkan dengan susu formula.
  4. Aduk rata kemudian tuang ke dalam gelas.
  5. Sajikan segera, untuk 2 porsi.

Jus Belimbing Campur

Bahan:Jus Belimbing Campur
  • 100 g belimbing, potong-potong
  • 500 ml air peasan jeruk manis
  • 2 sdm madu
  • 6 potong es batu
Cara Membuat:
  1. Masukkan potongan belimbing, air jeruk, madu dan e sbatu ke dalam tabung blender. Halsukan hingga lembut. Saring.
  2. Tuang jus ke dalam gelas saji. Hidangkan segera.


JUS MANGGA MELON MANIS

Manfaat jus untuk Melancarkan pencernaan
Bahan :JUS MANGGA MELON MANIS
  • Mangga Arum manis matang 1 buah
  • Melon matang 100 gr
  • Air jeruk manis 1 sdt
  • Susu Formula 100 ml
Cara Membuat :
  1. Kupas mangga, lalu potong-potong daging buahnya, lakukan hal yang sama pada melon. Blender keduanya.
  2. Tambahkan dengan susu formula. Aduk rata
  3. Sajikan untuk 1 porsi.
sumber gambar : www.sajiansedap.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar