Kelinci

Kamis, 04 Desember 2014

Manfaat minum teh untuk kesehatan

Manfaat minum teh untuk kesehatan
Teh hangat
Teh merupakan minuman yang tentunya sudah tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia, karena teh bisa diminum baik panas maupun dingin dan bisa diminum kapan saja baik pagi, siang ataupun malam, dan dibalik minuman teh tersebut ternyata terkandung manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh selain itu manfaat teh basi juga sangat baik untuk kecantikan terutama untuk wajah agar terlihat bersih dan terhindar dari jerawat.

Untuk mendapatkan rasa teh yang nikmat seringkali teh tersebut dicampur dengan rasa tambahan seperti melati, ceri, arbei, susu, arbei atau limun yang dikemas dalam berbagai macam kemasan seperti yang banyak beredar di pasaran dalam bentuk botol, gelas plastik, kotak dan kemasan lainnya apalagi jika saat udara panas teh diminum dalam keadaan dingin pastinya bikin segar di tenggorokan.

Namun saat pagi hari apalagi jika udara masih dingin minum secangkir teh hangat di pagi hari tentunya akan membuat tubuh menjadi hangat, segar dan berenergi karena teh mengandung vitamin dan juga mineral selain itu di dalam teh juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga bagus untuk kesehatan tubuh dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Manfaat minum teh secara rutin untuk kesehatan seperti dilansir dari healthmeup.com:


  • Meningkatkan sistem imun, dengan rutin minum teh setiap hari tentunya sangat baik dan efektif untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh sehingga anda akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan ataupun sakit penyakit.
  • Membuat jantung lebih sehat, lewat penelitian yang pernah dilakukan dengan minum teh rutin setiap hari ternyata dapat menurunkan resiko seseorang mengalami kolesterol tinggi sehingga mempengaruhi juga kesehatan jantung anda menjadi lebih sehat.
  • Menjaga kesehatan gigi, kandungan fluoride dan tannis yang cukup tinggi dalam teh sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi terjadinya pembentukan karang gigi sehingga gigi anda menjadi lebih sehat dan teerhindar dari gangguan penyakit gigi serta gusi.
  • Membuat tulang lebih kuat, kandungan asam amino dalam teh bermanfaat untuk pembentukan protein di dalam tubuh yang mana berfungsi untuk pembentukan tulang, otot, kulit serta rambut, juga kandungan vitamin D dalam teh bermanfaat untuk membuat tulang lebih kuat.
  • Membantu menurunkan berat badan, jika anda sedang dalam program diet sebaiknya anda mengkonsumsi teh yang tidak diberi gula meskipun agak sedikit pahit namun sangat baik untuk membantu program diet anda karena teh tanpa gula mengandung kalori yang rendah tapi sangat kaya akan nutrisi sehingga sangat cocok untuk membantu menurunkan berat badan anda.
  • Mengandung antioksidan, kandungan antioksidan dalam teh sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh selain itu sangat efektif untuk mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh.
  • Mengandung beberapa vitamin, kandungan vitamin c bermanfaat sebagai antioksidan serta meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin e untuk menjaga kesehatan jantung serta membuat kulit menjadi lebih sehat dan halus, vitamin a bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata serta vitamin b kompleks yang bermanfaat untuk proses metabolisme dalam tubuh.


Yang penting dan perlu diperhatikan juga ketika minum teh:


  • Teh dapat berfungsi sebagai penetralisir, jadi sebaiknya jangan mengkonsumsi teh pada saat makan atau sesudah makan karena zat gizi dalam makanan akan berkurang karena dinetralisir oleh teh.
  • Saat minum teh sebaiknya tidak menambahkan gula terlalu banyak ke dalam teh anda karena dapat mengurangi manfaat dari zat yang terkandung di dalam teh tersebut.
  • Pada saat anda lapar atau perut anda kosong sebaiknya hindari mengkonsumsi teh karena dapat meningkatkan produksi asam lambung anda.
  • Untuk wanita yang sedang hamil atau pada masa menyusui sebaiknya mengurangi mengkonsumsi teh karena zat stimulan dalam teh dapat mempengaruhi kontraksi rahim serta menggangu dalam produksi kelenjar asi.
  • Sebaiknya anda tidak terlalu sering mengkonsumsi es teh apalagi yang telah diberi pemanis atau gula karena jika mengkonsumsi es teh manis terlalu berlebihan tentunya akan tidak baik untuk kesehatan.



Itulah artikel mengenai manfaat minum teh untuk kesehatan, memang sangat baik rutin mengkonsumsi teh setiap hari selain nikmat untuk dikonsumsi juga memberi manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.
Semoga bermanfaat.

Sumber  : http://koesehat.blogspot.com/2014/04/manfaat-minum-teh-untuk-kesehatan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar